Saturday, May 24, 2008

sunrise di kejawanan


Sunrise di kejawanan ternyata nggak kalah bagus ama sunsetnya. Langitnya indah banget .... Ada warna merah, jingga, emas, biru langit dan putihnya semburat awan seperti kapas yang menyapu langit. Nggak cuman itu. Dikejawanan juga kita bisa lihat laut, daratan sekaligus gunung!. Gunung Ciremai dan Gunung Slamet yang kelihatan membiru dikejauhan. Pantes aja hari minggu gini orang seneng banget kesini bawa keluarga. Nelayan sini akhirnya juga jadi lebih seneng bawa naik kapal orang-orang yang datang daripada melaut cari ikan. Gimana nggak... sekali naik per-orang dipungut bayaran Rp.5000,-. Kalau hari minggu dia bisa dapat Rp.200.000,- seharinya. Lebih banyak daripada dia jual tangkapan ikan dari laut. Bensin pun nggak habis banyak karena muternya juga nggak jauh-jauh dari pelabuhan. "Kalau mau sewa seharian buat mancing juga bisa pak... Dari pagi sampai jam 3 sore sewanya Rp.250.000,- Kalau sampai pagi Rp. 700.000,-. Nanti pergi mancingnya sampai ke tengah atau sampai Gebang" begitu kata si nelayan ke suamiku. Hmmm boleh juga kali yaa... kapan-kapan mancing ke tengah laut, katanya di tengah banyak ikan kakapnya.

Di sini juga ada yang ngejala, dapetnya emang bukan ikan gede. Paling-paling dapet ikan pethek atau udang dan rebon. Nantinya ikan pethek bisa dijual buat ikan asin. Rebon disini mahal harganya. Kata si Heri, tukang bangunan yang kalo lagi nggak ada kerjaan suka ngejala disini, bilang kalo rebon kecil yang bersih hasil ngejala bisa dijual dengan harga Rp.60.000,- per kilonya, buat bibit. Seharian ngejala disini biasanya bisa dapet 10-15 kg ikan. Lumayan juga ya.... Sebagian diambil buat makan, sebagian dijual ke pengepul.

Ada juga kapal ikan yang lagi berlabuh. Kelihatannya ABK lagi pada sibuk nyiapin kapal. Lampu-lampu kapal ikan ini banyak banget. Digantungkan berbaris di tiang sekeliling kapal. Pasti kapal begini biasa cari ikan berhari-hari ketengah laut. Hasilnya di awetkan pake es, dan dijual di TPI. Mungkin ikan-ikan dari kapal begini nih yang katanya dulu sempet bikin heboh karena diawetkan pake formalin.
Orang-orang tangguh! itu kesan yang aku lihat dari para ABK di kapal nelayan ini. Kebayang rasanya berhari-hari di tengah lautan, kadang-kadang ngadepin gelombang tinggi, angin kencang atau badai dengan kapal motor mereka.

No comments: