Sunday, May 18, 2008

Alhamdulillah .......Sheila masuk SBI!


Alhamdulillah..... puji syukur pada Allah, SWT .... akhirnya hari yang dinanti-nanti kita sekeluarga datang juga dan hasilnya menggembirakan. Sheila lolos selesksi test SBI. Ya... si bungsu .. yang udah kelas 6 SD ini kepilih mewakili sekolah untuk bisa ikut test Sekolah Berstandard Internasional (SBI) yang dilaksanakan SMP 1 Cirebon. Hanya 2 anak dari sekolahnya yang kepilih, karena untuk seleksi awal saja udah disaring ketat. Peserta yang boleh ikut test adalah anak yang prestasi akademis untuk 4 mata pelajaran inti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris nggak boleh kurang dari 7.5, dan itu dilihat dari kelas 3 SD - semester 1 kelas 6.
Sheila masuk ke penyaringan awal aja udah bikin kita bangga, karena anak itu bisa dikatakan kalo belajar sekarepe dhewe. masih inget waktu mo masuk SD dulu sempet diragukan ama banyak orang karena yang pertama umurnya baru 5 1/2 tahun, dan kedua karena badannya yang kecil mungil itu bikin orang-orang suka ada yang underestimate kali ke dia.
Waktu masukin Sheila dulu ke SD, itupun aku lihat dulu dari kemampuan anakku dulu doong... Umur segitu kan dia udah lancar baca dan bisa nulis. Udah gitu di TK-nya kelihatannya dia udah jenuh karena katanya " belajarnya gitu mulu..." Dia lebih seneng cari buku aktivitas di gramedia daripada ngerjain pekerjaan dari sekolahnya. Barangkali dengan buku baru dia bisa nemu sesuatu yang baru. Makanya di TK dulu dia lebih banyak diem, karena merasa nggak ada tantangan. Waktu hari pertama masuk SD, aku malah disuruh nunggu dikantin nggak boleh lihat dari jendela. Dan dari ngumpet2 ngintip dari jendela itu aku liat, dengan pe-denya dia selalu tunjuk jari setiap guru kelas nanya " Siapa yang bisa?" he he he ...... kelihatannya bangga banget dia bisa masuk SD dan nggak di TK lagi. Walaupun.... dengan umur dia yang masih kurang itu tahun pertama di SD, data pribadi di raportnya nggak diisi dulu ama wali kelasnya karena takut ada pemeriksaan dari Disdik. Maklum aja disini ada peraturan yang mengharuskan anak usia dibawah 6 th belum boleh masuk sekolah SD. Untung aja waktu itu tetehnya yang juga waktu masuk SD umurnya masih kurang, udah masuk duluan di sekolah itu. Jadi aku bisa lebih enak nego ama kepsek dan gurunya. Toh dengan umur dia ini nggak jadi keterbatasan buat ngikutin pelajaran. Paling tidak dia selalu masuk 3 besar murid berprestasi di kelasnya. Padahal aku nggak pernah maksain anak harus selalu dapet ranking lho....... Biar aja mereka berkembang dengan karakter mereka sendiri, dan tentu saja dengan arahan dari kita untuk selalu berada di jalan yang baik.
Dan sekarang... walaupun kelulusan SD belum diumumkan, Sheila udah bisa agak santai karena udah nggak perlu pusing untuk cari sekolah lagi. Dan tentu saja buat orangtua seperti aku, itu juga satu berkah yang nggak bisa dibilang kecil. Yah ... mudah-mudahan nanti dia bisa ngikutin, karena aku sendiri belum tau, di SBI nanti sistem pembelajarannya kayak apa. Tinggal kita orangtua yang harus selalu support, ya moral ya materiil. Karena itu udah jadi kewajiban kita. Go Girl!! We're proud of you!

2 comments:

Puput Rahiyanto said...

Wah turut bangga, ternyata like mother like daugther...nanti smp ikut program acceleration 2 tahun, smu 2 tahun, S1 3 tahun wah bisa lulus sarjana di bawah 19 tahun..semoga...Sebagai ortu tinggal memfasilitasi saja.

okaasan said...

ikut program akselerasi? Aduuuh... jangan deh... sesuaiin aja ama kemampuan anaknya.. takutnya kalo dipaksain anak malah jadi terbebani. Harus selalu punya nilai bagus atau punya rangking tertinggi bisa jadi beban juga lho buat anak. Kasihan... ntar mereka jadi kurang sosialisasi karena harus belajar mulu. Biarin apa adanya aja deh, ikutin alam dan ikutin kemampuan ama kemauan mereka. Yang penting bisa ngikutin pelajaran, sekaligus masih ada kesempatan buat main dan bersenang-senang biar nggak stress.
Satu lagi aku pengin mereka juga peka ama lingkungan sekitar, karena banyak anak-anak lain yang nggak seberuntung dia punya kesempatan untuk dapat pendidikan yang baik.
Btw, thx dah mampir yaah.....