Wednesday, May 7, 2008

Minggu Pagi di Kejawanan


Minggu pagi ternyata pantai Kejawanan penuh banget. Banyak yang bawa keluarga buat jalan-jalan dan main air disini. Hmmm ternyata orang Cirebon emang haus tempat wisata murah meriah kayak gini. Maklum aja... masuk kesini kita cuman diminta seribu perak di pintu pos security dimuka. Sebenernya pantai disini nggak bisa dibilang bersih. Orang-orang kok ya masih buang sampah sembarangan padahal pengelola disini nyediain kotak-kota stereofoam (eh bener nggak nulisnya :P) dengan tulisan "Buanglah sampah disini!" Tetep ajaa sampah bertebaran dimana-mana.
Pantai di Cirebon emang bukan pantai dengan pasir putih, kayak di kepulauan seribu. Pasirnya item, bahkan cenderung kayak lumpur. Tapi ya buat sekedar main-main ngajak anak-anak sih ok-ok aja. Pantai ini nggak dikelola dinas pariwisata, karena kelihatannya masih masuk wilayahnya Dinas Perikanan dan Kelautan. Disini ada TPI, tapi aku nggak tahu kapan jadwal pelelangan ikan disini. Pas dulu nganter Helen kesini, kebetulan disini pas ada kapal nelayan datang bawa ikan seger yang guedhe-guedhe dan itu pas hari Sabtu sore. Tapi Sabtu sore kemaren aku nggak liat ada kesibukan di TPI.
Minggu pagi di Kejawanan, penuh orang, penuh anak-anak, bapak-bapak, ibu-ibu dan bahkan kakek-nenek yang datang. Kelihatannya beberapa ada yang menjalani terapi air laut disini. Ada juga kelompok beladiri yang latihan di pinggir pantai. Ada nelayan yang cari remis, udang kecil, mancing atau ngejala. Anak-anak berlari-lari main ciprat-cipratan. Yang takut berenang bawa ban karet dengan kepala bebek didepannya. Rame...!!
Keponakan-keponakanku juga udah nggak sabar pengin main air. Begitu sampai pinggir pantai langsung lari nyebur.. . Emang kalo ngeliat anak-anak yang aktiif gitu kadang kaya nggak kenal capek. Sementara mereka maen, ya kita yang gede-gede cuman ngawasin aja. Sampai kurang lebih 100m dari bibir pantai ini dalemnya nggak lebih dari paha orang dewasa. Jadi kita santai aja lagian ombak dipantai utara kalo pagi gini kan nggak gede. Jadinya waktu fotoin aktivitas anak-anak itu yang keliatan adalah kecerian dan kegembiraan mereka. yang nendangin air, yang tidur-tiduran dipantai, lari-lari sampe ngoles-olesin pasir lumpur di badan mereka. He he ... biarin aja. Lha kan katanya berani kotor itu baik..........
Pantai yang kita injek disini ada di bagian sisi kanan pantai kejawanan, dekat Restoran Sea Food Alam Indah. Kalo bawa anak-anak emang enaknya disini, karena tanggul pemecah gelombang disini dibuat dengan turap seperti pondasi dan bukan batu pecah kayak di tanggul sisi kiri pantai. Agak berbahaya bawa anak-anak yang aktif gini kesana, karena kalo jatuh, batu-batu itu cukup tajam untuk melukai mereka. Emang maen di pantai begini lebih enak ketimbang tempat-tempat nongkrong yang len di Cirebon. Soalnya nggak ada tempat nongkrong yang enak selain mall, yang dinginnya nggak alami karena berasal dari AC. Lagian disana anak-anak malah jadi konsumtif. Pengin ini itu, beli mainan atau makanan franchaise yang kadang nggak sehat juga buat perut. Kalau disini bawa keluarga, mending bawa makanan sendiri deh dari rumah. Karena yang ada disini cuman tukang asongan dan warung dadakan yang kita nggak bisa jamin kebersihannya. Kecuali restorant yang aku sendiri belum pernah masuk kesitu karena nggak minat juga he he. Coba tempatnya dibuat yang lebih enak. Shelter-shelter kecil, dengan view ke laut, ditambah lansekap yang ijo, pohon-pohon kelapa dan yang jelas harus bersih ... hmmm.
Tapi kalo udah dikelola gitu biasanya jadi mahal ya... Halah... pengine murah kok mintanya macem-macem.

2 comments:

Unknown said...

weleh..weleh masih rajin nulis...tak pikir kemaren cuma ikut2an demam blog

okaasan said...

nggak demam cuman rada meriang dikit he he ....