Tuesday, April 22, 2008

Zaha menang lagi!!


Zaha emang bener-bener moooyyy!! Baru-baru ini Zaha menang lagi dalam kompetisi desain! Berhadapan dengan Daniel Libeskind dan Massimiliano Fuksas . Zaha memenangkan kompetisi untuk mendesain Guggenheim Hermitage Museum in Vilnius, di Lithuania. Zaha Hadid dengan desain futuristiknya mencoba untuk memadukan elemen kultural pada Proyek Guggenheim Vilnius yang baru. Seperti biasanya, desain Zaha ini mengedepankan konsep fluidity, velocity dan lightness. Desain museum ini seakan seperti sebuah sculpture yang berada di atas sebuah plaza dengan aktivitas kultural disekitarnya. Nggak cuman berkutat di masalah desain, Zaha juga selalu mengedepankan teknologi yang bisa menunjang arsitektur. Nggak heran desain ini kelihatan kontras dengan bangunan-bangunan disekitarnya yang kebanyakan mempunyai style modern. Bukan cuman itu... Zaha juga telah berhasil memadukan arsitektur dengan teknologi baru. Nah... ini nih statement Zaha ketika menjelaskan tentang salah satu hasil karya spektakulernya dihadapan publik :

“I am delighted to be working in Vilnius on the Guggenheim Hermitage Museum” states Hadid. “The city will be the European Capital of Culture in 2009 and has a long history of art patronage. With such an interest in the arts, Vilnius will continue to develop as a cultural center where the connection between culture and public life is critical. This museum will be a place where you can experiment with the idea of galleries, spatial complexity and movement.”

Jadi museum yang didesain Zaha ini bukan cuman tempat buat memajang hasil-hasil karya seni para seniman dunia aja, tetapi nantinya juga difungsikan sebagai wadah pusat perkembangan budaya di Lithuania. Karena arsitektur juga hasil dari perkembangan budaya manusia, maka arsitekturpun tentu saja berkembang menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan manusia masa kini. Dan dalam karya Zaha ini kita bisa menemukan bagaimana Arsitektur bisa bergandengan erat dengan Teknologi !

No comments: