Thursday, April 3, 2008

Amazing Zaha (1)


Sejak dulu... dari jaman kuliah aku emang udah kagum ama Zaha M Hadid, dan kekagumanku nggak luntur sampe sekarang. Arsitek asal Irak ini nggak habis-habisnya menghasilkan karya yang spektakuler, canggih, futuristik, inovatif. Ide-ide briliannya emang membuat banyak orang berdecak kagum. Zaha dilahirkan di Baghdad tanggal 31 Oktober 1950, dan mendapatkan gelar sarjana matematika dari Universitas Beirut sebelum akhirnya melanjutkan studinya di Architectural Association School of Architecture di kota London. Setelah lulus kemudian dia bergabung dengan gurunya, seorang arsitek asal Belanda Rem Koolhaas dan menjadi partnernya sampai tahun 1977 di Office for Metropolitan Architecture.
Pengaruh Rem Koolhaas ini sedikit banyak mempengaruhi karya-karyanya. Berpegang pada aliran dekonstruksi yang anti kemapanan Zaha memperlihatkan karya-karya gemilang yang dinamis, inovatif dan berkesan futuristik. Kekuatan konsep design yang menjadikan karya-karya gemilang Zaha punya "nilai" menunjukkan konsistensinya pada bidang arsitektur. Beberapa project yang telah direalisasikan diantaranya :

Zaha juga menangani beberapa pekerjaan interior diantaranya The Mind Zone at the Millennium Dome - London. Project yang sedang ditanganinya sekarang adalah mendesain Aquatics Centre for London yang mempunyai daya tampung sampai dengan 20.000 tempat duduk dan dipersiapkan untuk Olimpiade Musim Panas tahun 2012

Zaha juga memenangkan berbagai penghargaan dalam berbagai kompetisi. Diantaranya
The Peak Club in
Hong Kong (1983) , Cardiff Bay Opera House in Wales (1994), Di tahun 2002 Zaha memenangkan penghargaan International untuk mendesain masterplan One-North - Singapore. Pada tahun 2005 memenangkan kompetisi untuk New City Casino di Basel, Switzerland. Dan pada tahun 2004 Zaha Hadid menjadi arsitek wanita pertama yang memenangkan Pritzker Architecture Prize.



No comments: