Tuesday, April 22, 2008

Signage



Macam-macam cara orang menjual dagangannya. Dari produk berkelas yang selalu memperhatikan masalah performance, sampai kelas warungan atau PKL yang biasanya asal pasang spanduk atau tulis nama di depan warung atau gerobag dagangannya. Semuanya sebenernya punya satu tujuan. Ingin dikenal orang keberadaaanya. Kalo kita jalan-jalan dikota metropolitan, terutama pada waktu malam maka kita akan disuguhi pemandangan malam berupa papan-papan nama toko, produk, perusahaan, atau fasilitas publik lainnya yang gemerlap. Memanfaatkan pencahayaan artifisial yang berwarna-warni dan terang benderang. Membuat suasana kota jadi semakin semarak. Di Bandung jaman-jaman tahun delapan puluhan kawasan Jalan Cihampelas mulai semarak dengan ikon sebagai pusat jeans di Bandung. Toko-toko disana mendesain facadenya dengan sculpture beraneka rupa untuk menarik pengunjung. Dari mulai tokoh-tokoh superhero kaya superman, spiderman, ultraman sampe mobil dan si kera raksasa kingkong, jadi sarana untuk menjual produk mereka. Sayangnya kawasan pertokoan yang unik ini nggak semeriah dulu lagi karena udah kalah ama Ciwalk-nya. Pusat perdagangan yang lebih modern dengan plaza yang biasanya digunakan sebagai pusat aktivitas komunal dan pertunjukan live musiknya. Agaknya para pemilik toko di Cihampelas ini perlu memutar otak lagi untuk menarik pengunjung agar bisa kembali datang menyambangi toko dan membeli produknya. Nggak cuman bisa mengandalkan "superhero" yang setia menjaga toko mereka.

No comments: