Monday, March 31, 2008

Sup rasa jamu


Jalan-jalan rasanya nggak lengkap kalo kita nggak ngrasain masakan lokal yaa... Sebenernya masakan disana nggak asing juga siih.. karena kita kan biasa makan bubur ama mie juga. Yang beda makanan disini biasanya dilengkapi ama irisan jahe muda. Mungkin karena hawa disini dingin jadi makan dengan jahe gini bikin anget ke badan. Tapi kadang-kadang kita sendiri rada kaget juga ama porsinya. Porsi makan disana banyak banget, kayanya dua atau tiga kali porsi yang biasa aku makan deh. Jadi pertama-tama makan pasti nyisa karena perut udah kagak muat lagi. Cuman buat muslim kaya kita, makan disana harus ati-ati juga pilih menu, karena siapa tahu mengandung minyak babi atau malah daging babinya. Maklum aja disana kita semua pada buta huruf, gara-gara kebanyakan rumah makan nggak pasang menu dalam bahasa Inggris. Untung aja ada Ko Chuang yang ngrangkep jadi guide kita disana. Kalo nggak bisa-bisa makannya tiap hari mie atau bubur sapi melulu he he he.
Malam kedua di Guangzhou, habis kita jalan-jalan kita ketemu rumah makan yang menyediakan aneka sup. Karena kita gak pada bisa baca tulisan Cina, jadi Ko Chuang yang ngasi tau ke kita kalo sup disini juga punya khasiat buat kesehatan. Jadilah kita masuk ke rumah makan ini dan pesen makan. Aku kebagian sup daging kelinci, Aa' sama Mbak Ika dipesenin sup burung dara, dan Pak Priyo disarankan Ko Chuang untuk makan sup daging bulus! " Ini bagus buat pinggang lo.. Kan lo suka sakit pinggang" gitu kata Ko Chuang ke Pak Priyo. Gak berapa lama hidangan udah tersedia. Karena kita kesitu udah kemaleman, buat temen makan sup hanya tersedia kwetiau aja. Begitu sup datang aku langsung mencicipi makanan yang bikin penasaran ini. Hmmm rasanya enak, ada rasa jahe, rempah2 dengan daging kelinci dan jamur, juga ada beberapa tambahan isian seperti lengkeng kering. Kwe tiau disini gede-gede tapi cocok banget dimakan sama supnya. Kebetulan pak Priyo dapet giliran dianter pesanan paling akhir. Dan ketika nyicip rasa supnya dia langsung komentar "Waah, ini sih jamu bukan sup! Ko Chuang nih ngerjain yaa?" Tapi Ko Chuang cuman cengar-cengir aja sambil bilang. "Lho, ini kan bagus buat pinggang lo yang suka sakit. Sehat!" Jadi sambil kepaksa itu sup dimakan juga, kelihatan banget tampangnya yang kesiksa setiap kali nelennya hi hi hi.
Pulangnya sampai di hotel sebelum masuk kamar Ko Chuang bisik-bisik ama Aku & Aa' sambil senyum-senyum "Gue gak tanggung jawab deh malem ini si Priyo, udah gue kasi sup daging bulus tadi tuh!" Ha ha ha kita bertiga ngakak... ternyata bener nih Ko Chuang emang ngerjain pak Priyo...

No comments: