Tuesday, March 11, 2008

It’s my first time abroad and I’m going to Hongkong !

Kagak ngebayangin.......Alhamdulillah akhirnya bisa juga aku ke luar negeri. And my first destination is Hongkong!

Berhubung perjalanan ini bukan perjalanan wisata murni, jadi kayanya nggak puas deh rasanya jalan-jalan disana. Pulang dari sana udah niat banget nih buat ngumpulin duit lagi biar bisa bawa anak-anakku kesana. Barangkali nanti tripnya bisa rada lebih lama jadi bisa menjelajahi Cina daratan sampai ke Beijing atau ke Profinsi Xian. Atau siapa tahu entar bisa mengunjungi Nepal atau Tibet, menyusuri Silk Road seperti para penjelajah dulu menjelajahi China. (Let’s keep dreaming!! … he he he. Hey who knows !! May your dream will be come true..ya nggak ya nggak.......)

Trip kali ini sebenernya buat nganter suamiku ngeliat mesin di Guangzhou. Tepatnya di Fusan. Fusan tuh kota industry yang kalo ditempuh pake kendaraan roda empat kira2 1 jam-an dari Guangzhou. Kaya Cikarang-nya sini laah. Tapi jangan bayangin disana segede Cikarang ! lebih-lebih besar dari itu. Di beberapa tempat banyak industry keramik yang mulai tutup. Katanya sih udah mau di relokasi karena polusinya udah mengganggu lingkungan. Katanya siih Fusan adalah pusat industry keramik terbesar di Cina. Nggak heran deh aku liat banyak showroom gede-gede disana dan pasti industry keramiknya juga bermacam-macam. Pantes aja Nabi Muhammad sampe nyuruh2 umatnya supaya belajar dari orang China… Oooo ternyata banyak ini itu yang emang kita harus belajar banyak dari mereka. Hmm kapan Indonesia bisa begini yaa…. Tapi biar disitu kota industry aku masih liat rumah2 tradisional disela-sela bangunan-bangunan industry. Gerbang2 khas China (kalau gak salah disebutnya Pai Lou) yang terbuat dari batu-batu monolit dipahat dengan relief hiasan2 khas berbentuk naga, burung, singa atau bunga dan sulur-suluran. Sayang gak sempet turun buat liat detailnya…………….

Guang zhou lain lagi, rupanya disini selain industry perdagangan juga maju pesat. Guangzhou punya pelabuhan peti kemas yang besar, tempat masuk barang ekspor impor dari dan ke negeri China. Guangzhou ini gerbang ke China daratan dari arah selatan dan timur. Jadi kalau kita masuk dari Hongkong di Guangzhou kita harus lewat pintu imigrasi dulu untuk masuk ke China. Walaupun Hongkong sudah kembali lagi ke Republik China tetapi rupanya Hongkong punya otorita sendiri dan orang China daratan yang mau masuk ke Hongkong atau orang Hongkong yang mau masuk ke daratan China harus lewat pintu imigrasi dulu. Sama halnya dengan kita warga negara asing. Kita masuk ke Guangzhou naik MTR dari Kowloon. Kira-kira 3 jam perjalanan kereta ke Guang zhou. Tapi biar kelasnya ekonomi, kelasnya sama ama eksekutif class nya kereta di Indonesia….malah lebih bagus karena lebih bersih . Harga tiket dari Kowloon ke Guangzhou $HK 190, kira-kira 200 ribuan laaah kalo dikursin rupiah.

Guangzhou kotanya gak beda jauh ama Jakarta, cuman kayanya di sini gak begitu kecium bau-bau polusi. Di Jakarta jalan siang2 di kota bisa pulang2 bengek deh… Disini udara relative lebih bersih dari Jakarta. Masih banyak taman kota, penghijauan dan kendaraannya juga gak ngeluarin asap ngebul yang bikin sesek paru-paru. Di Guangzhou kita bisa temuin komunitas muslim yang cukup banyak. Ada 4 mesjid tua diantaranya ada yang dibangun pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar. Banyak juga orang2 dari Kazahstan atau Uzbekistan yang tinggal dan kerja disini. Malah kita sempet makan siang di resto yang punyanya orang Syria dan berkunjung di salah satu masjid disana. Bermalam 2 malam di Guangzhou kita balik lagi ke Hongkong. Stay 2 malam di Hongkong trus pulang ke Jakarta, kita transit semalem dulu di Singapore.

Tapi… udah liat Hongkong trus ke Singapore……. Halaah…. Kita semua ngeluh, waah salah trip nih, udah liat Hongkong, Singapore kagak ada apa-apanya !!!

No comments: