Thursday, September 22, 2011

Menghargai apa yang kau miliki


Hidup adalah perjuangan
Hidup ini untuk mengelola masalah
Dalam hidup kita dituntut untuk tetap yakin
Serta siap untuk mempertahankan diri

Ketika titik terendah dalam kehidupan kita pijak
Kita baru bisa mengukur seberapa kuat kita mampu bertahan
Dan apalagi yang bisa menahan hidupmu
Kalau bukan keyakinanmu pada kuasa Allah

Allah pasti tidak akan memberikan cobaan melebihi kekuatan yang dapat dipikul oleh hambaNya. Itu yang selalu diajarkan orangtuaku kepadaku. Keyakinan itulah yang memacu kita agar kita harus selalu bertahan dalam segala macam keadaan. Keyakinan bahwa akan selalu ada pertolongan bagi hambaNya yang senantiasa percaya kepadaNya, selalu berusaha aku lekatkan di hatiku. Dan terbukti bahwa selama ini Allah tak pernah tidur. Dia rela mendengarkan keluhan hambaNya yang sedang sedih, galau, gundah dan bahkan kadang-kadang marah. Ooh... betapa besar kekuatan cintaNya kepada kita.

Seringkali orang juga beranggapan bahwa nilai rizki yang diberikan Allah hanya dihitung dari nilai materi. Apalah artinya kekayaan duniawi.. toh kita juga tak akan membawanya ke liang kubur. Harta dalam bentuk materi hanyalah titipan. Jika sewaktu-waktu Allah berkehendak untuk mengambilnya maka musnahlah sudah. Tapi jika sebaliknya, Allah berkehendak untuk mendatangkannya dengan tiba-tiba maka datang jualah dia. Kunfayakun !! Jadi tak usahlah menghambakan dirimu untuk mencari kenikmatan dengan mencari harta yang berlebih. Mintalah untuk dicukupkan saja... Tetapi jika Allah berkehendak lain dengan melebihkannya, maka belanjakanlah dia untuk bekalmu di syurga nanti. Berikan santunan kepada para yatim piatu dan janda di sekitarmu, berikan infaq dan sodaqoh ke masjid-masjid di sekelilingmu, dan berikanlah pendidikan yang baik untuk anak-anakmu. Karena anak adalah harta kita yang paling berharga. Doa anak yang shalih dan shalihah pulalah yang bisa menemani kita di syurga. Dan jika kau berikan ilmu-mu yang bermanfaat kepada mereka, InsyaAllah itulah yang akan menjadi teman dan penolongmu di syurga...
Jadi... lihatlah lagi bahwa apa yang telah Allah berikan kepadamu itu pasti ada harganya. Harga yang tak hanya melulu diukur dengan uang atau materi. Harga yang bisa dilihat dari matahatimu jika kau mau berfikir lebih jernih. Dan yakinlah apa yang telah diberikan kepadamu adalah sebaik-baiknya rencana Allah untuk hidupmu.



No comments: