Thursday, June 19, 2008

Pengalaman jaga di rumahsakit





Dari jendela rumah sakit, pagi-pagi aku suka lihat kesibukan orang yang lalu lalang dijalan. Kebetulan rumah sakitnya nggak jauh dari rumahku, hanya berjarak kira-kira 500 m. Dulu rumah sakit ini hanya rumah sakit bersalin aja, tapi sekarang udah dikembangkan jadi rumah sakit umum. Pelayanannya sepanjang yang aku tahu, paling baik diantara rumah sakit yang ada di cirebon, dalam arti pasien cepat ditangani ketika masuk kesini. Maklum aja beberapa kali aku harus bawa ibuku kesini karena sakit asthmanya kumat. Dan setiap aku kesini, nggak ada cerita pasien ditelantarkan karena belum kelar ngurus masalah administrasi. Begitu masuk UGD, pasti perawat dan dokter jaga dengan cekatan menangani pasien, dan melaksanakan prosedur standard seperti ngukur tekanan darah, cek keluhan pasien atau periksa darah ke lab. Baru setelah pasien ditangani, keluarganya dipanggil untuk urusan administrasi. Itupun jika pasien diminta untuk rawat inap, kita hanya mengisi formulir kelengkapan dan kesanggupan penanganan medis. Biasanya setelah 1-2 hari dirawat kita baru disodori pengajuan deposit. Dokter dan perawatnyapun enak kalo ditanya-tanya masalah medis.
Hanya saja yang bikin sebel, pas suamiku dirawat pas bener waktunya ama pertandingan Piala Eropa, dan karena TV disini pake parabola, pas siaran langsung diacak ama stasiun TV-nya jadi kita nggak bisa lihat. Lha... even besar begini kan sayang buat dilewatin. Jadi kata suamiku, "bawa aja antena sendiri, biar kita bisa liat". Maklum aja dia juga gila bola! Dan besoknya aku bela-belain bawa antena kecil yang bisa dipasang didalam kamar, jadi malam ini kita bisa nonton pertandingan Piala Eropa lagi, he he he.
Pagi-pagi setelah nunggu 2 malem di rumah sakit, gerimis datang. Seger rasanya udara pagi setelah beberapa hari kemaren panas terik mulai datang menyambut kemarau. Seneng rasanya lihat kesibukan orang pagi-pagi yang bergegas berangkat ke kantor. Di sebelah timur langit memerah karena matahari baru terbit. Hujan sudah mulai reda dan sinar matahari membuat warna langit jadi seperti terbakar. Dan ini view yang aku lihat pagi ini dari lantai 2 jendela rumah sakit. Gerimis, langit merah, gardu listrik, dan jalanan yang basah karena hujan! Good morning everybody!

No comments: