Thursday, January 7, 2010

Burj Dubai, The tallest building in the world





Dubai memang fenomenal! Lihat saja perbandingan lahan di kota modern Dubai yang diambil gambarnya pada tahun 1990 dan 2007. Perubahan besar benar-benar terjadi disana. Dan setelah dunia dikejutkan dengan perkembangan arsitektur yang begitu pesat selama dua dekade ini, kini Dubai memecahkan rekor dunia dengan membangun tower tertingginya, Al-Burj. Dengan ketinggian 828 m, bangunan ini bahkan lebih tinggi 40% dibandingkan CN Tower di Toronto Canada, pemegang rekor struktur bangunan tertinggi sebelumnya, yang tingginya "hanya" 553, 33 m. Pesta peresmian bangunan ini yang berlangsung beberapa hari yang lalu, juga sedemikian spektakulernya. Pesta kembang api menghiasi langit malam Dubai. Mengundang decak kagum seluruh pengunjung yang menikmatinya. Bahkan di tengah issue krisis global yang melanda dunia, ternyata tidak menyurutkan niat pemerintah disana untuk segera menyelesaikan bangunan fenomenal ini.
Dengan ketinggian tersebut Burj Dubai, juga memecahkan rekor dunia lainnya sebagai:
  • Tallest building in the world
  • Tallest free-standing structure in the world
  • Highest number of stories in the world
  • Highest occupied floor in the world
  • Highest outdoor observation deck in the world
  • Elevator with the longest travel distance in the world
  • Tallest service elevator in the world

Arsitektur

Arsitektur bangunan ini merupakan abstraksi dari bentuk bunga hymenocalis. Dengan denah berbentuk Y, memungkinkan bagian dasar bangunan menjadi lebih stabil, dan dapat menikmati seluruh view perairan Teluk Arab secara maksimal. Bangunan juga telah diuji ketahanannya terhadap angin, dengan 40 kali test ketahanan. Test tersebut meliputi test terhadap kekuatan angin, iklim di wilayah Dubai, model analisis struktur, uji tekanan permukaan sampai kepada analisis iklim mikro yang mungkin berpengaruh terhadap kenyamanan di teras sekeliling bangunan. Hal ini dilakukan terutama tidak hanya untuk kenyamanan bangunan, tetapi juga bagi keamanan pemakainya. Bayangkan saja, bangunan single structureini tetntu saja sangat beresiko terhadap pengaruh iklim dan cuaca, selain juga bentuknya yang menjulang tinggi memungkinkan bangunan menerima beban yang ekstrim dari lingkungan disekitarnya maupun dari beban konstruksinya sendiri. Oleh karena itu, perhitungan yang cermat di bidang struktur bangunan harus dilakukan dengan seksama dan teliti untuk mengeliminir kegagalan sampai ketitik terkecil.
Al-Burj direncanakan berfungsi sebagai hotel sekaligus juga apartemen mewah. Dengan rencana pembagian lantainya sebagai berikut :

- Concourse level s/d lantai 8 , lantai 38 dan 39 diperuntukkan bagi Armani Hotel Dubai.

- Lantai 9 - 16 untuk hunian eksklusif dan mewah dari Armani Residence, dengan tipe apartemen 1-2 kamar tidur

- Lantai 45 - 105 adalah hunian privat ultra-mewah The Corporate Suites

- Lantai 122 untuk restaurant

- Lantai 124, sebagai The tower's public observatory.

- Lantai 43, 76 dan 123 difungsikan sebagai Sky Lobbies, dengan fasilitas-fasilitas pendukungnya berupa tempat fitness, Jacuzzi, kolam renang dan ruang rekreasi lainnya yang dapat menampung kegiatan gathering dan event gaya hidup lainnya.

- Fasilitas-fasilitas lainnya yang mengisi lantai-lantai bangunan berupa Perpustakaan, Burj Dubai Gourmet Market, Pertokoan, Child Care, Ruang pertemuan dan juga valet parking untuk penghuni dan pengunjung.

Konstruksi


Ekskavasi Al-Burj dimulai pada bulan Januari 2004, dan selesai Januari 2010. Konstruksi bangunan yang pembangunannya memakan waktu 6 tahun ini ternyata tidak hanya memecahkan rekor penggunaan bahan bangunan, tetapi juga terbuktu dapat menyatukan dunia. Bagaimana tidak, Al-Burj merupakan kolaborasi international dari lebih dari 30 kontraktor dari belahan dunia yang berbeda-beda, dikerjakan oleh sekitar 12.000 pekerja yang mewakili kurang lebih 100-an kewarganegaraan. Jadi bangunan ini tidak hanya sebagai kebanggan Dubai, tetapi juga menjadi kebanggaan dunia.

Burj Dubai ConstructionTimeline

January 2004

Excavation started

February 2004

Piling started

March 2005

Superstructure started

June 2006

Level 50 reached

January 2007

Level 100 reached

March 2007

Level 110 reached

April 2007

Level 120 reached

May 2007

Level 130 reached

July 2007

Level 141 reached - world's tallest building

September 2007

Level 150 reached - world's tallest free-standing structure

April 2008

Level 160 reached - world's tallest man-made structure

January 2009

Completion of spire - Burj Dubai tops out

September 2009

Exterior cladding competed

January 2010

Official launch ceremony

2 comments:

Roni said...

Katanya mengalami kebangkrutan yo mbak dan sepertinya lauching-nya mundur.

okaasan said...

Kalo bangkrut aku nggak tahu tuh Ron... yang aku denger perekonomian Dubai emang lagi krisis, tapi masih berani bikin mega building. Kalo peresmiannya jadi kok, seperti yang direncanakan, soalnya aku liat beritanya di TV pake acara pesta kembang api segala, meriah banget. Jare sedulurku yang kerja di kilang minyak di Saudi sana, sekarang Al Burj juga dijadiin salah satu obyek wisata, untuk masuknya aja kita mesti bayar sekian ratus dolar gitu biar bisa naik sampai ke puncak ... Barangkali salah satu kiat biar bangunan ini bisa menjual dirinya sendiri, selain income dari sewa apartemen, shopping centre, mall dan hotelnya ya